Hari ini ketika pulang shalat id, salah satu tema obrolan saya dengan teman adalah tentang Syaikh Al-Hudzaifi yang tetap bersemangat mengimami kaum muslimin di Masjid Nabi shallallahu alaihi wasallam meski sudah tua, seperti hari ini, di Hari Idul Adha. Ada sebuah cerita tentang beliau yang kami obrolkan sehingga mendorong saya untuk mencari cerita tersebut dan menulisnya sebagai status. Namun saya belum menemukan cerita tersebut karena kesulitan menentukan kata kuncinya. Namun saya menemukan perbincangan tentang beliau di situs www.ahlalhdeeth.com. Akhirnya saya memutuskan untuk menulis lebih banyak saja tentang beliau, untuk berbagi agar kita mengenal beliau. Karena terus terang saya pribadi sangat ngefans sama beliau dari dulu.
Baik, kita mulai:
NAMA DAN NASAB BELIAU
Beliau adalah Ali bin Abdirrahman bin Ali bin Ahmad Al-Hudzaifi, nisbat kepada suku Al Hudzaifah yang berasal dari suku Al-Awamir dan Al-Awamir berasal dari Bani Khats’am. Perkampungan suku Al-Awamir terletak di sebelah selatan Makkah sejauh 360 Km. Al Hudzaifah sejak dahulu menjagi tetua suku Al-Awamir hingga sekarang.
KELAHIRAN BELIAU
Beliau lahir pada tahun 1366 H di kampung Al-Qarn Al-Mustaqim di daerah Al-Awamir. Beliau lahir di keluarga yang shalih. Ayah beliau sendiri merupakan imam sekaligus khathib di militer Saudi.
PENDIDIKAN BELIAU
Beliau belajar pertama kali di kuttab (tempat anak belajar membaca dan menulis-pent.) daerah beliau. Beliau membaca Al-Qur'an dan mengkhatamkannya di hadapan Syaikh Muhammad bin Ibrahim Al-Hudzaifi Al-Amiri, sekaligus menghapal beberap juz. Selain itu beliau juga menghapal dan mempelajari beberapa matan ilmu syar’i dalam berbagai disiplinnya.
Pada tahun 1381 H, beliau memasuki sekolah swasta As-Salafiyyah yang sejajar dengan jenjang SLTP. Setelah itu beliau memasuki Ma’had pada tahun 1383 H dan selesai pada tahun 1388 H hingga jenjang SLTA.
Setelah tamat beliau ditunjuk sebagai guru Ma’had pada tahun 1392 H. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di jenjang perguruan tinggi dan mengambil fakultas syari’ah di Riyadh pada tahun 1388 H. Setelah tamat beliau mengajar tafsir, tauhid, nahwu, sharaf, khath disamping beliau menjadi imam merangkap khathib di Masjid Jami’ Baljarasyi.
Beliau meraih gelar master di Universitas Al-Azhar pada tahun 1395 dan meraih gelar doktor di di universitas yang sama pada qism fiqh untuk siyasah syar’iyah.
Beliau mengabdi di Universitas Islam Madinah semenjak tahun 1397 H. Beliau mengajar tauhid dan fiqh di fakultas syari’ah. Selain itu beliau juga mengajar di fakultas hadits dan fakultas dakwah. Beliau juga mengajar madzhab-madzhab di jenjang pascasarjana. Dan beliau mengajar qira’at di fakultas Al-Qur'an.
Selain mengajar beliau pernah ditunjuk sebagai imam dan khathib di Masjid Quba (sekarang putra beliau menjadi salah satu imam di sana, masya Allah) selama beberapa lama. Kemudian di tunjuk menjadi imam Masjid Nabawi pada 6-6-1399 H. Kemudian pada awal Ramadhan tahun 1401 H beliau dipindahkan ke Masjidil Haram. kemudian dikembalikan lagi ke Masjid Nabawi setahun kemudian hingga sekarang.
IJAZAH QIRA’AH
Beliau tidak diragukan lagi adalah salah seorang qari’ Kerajaan Saudi Arabia dan bahkan salah seorang qari’ dunia. Beliau mendapatkan ijazah Qira’ah dari:
1. Syaikh Ahmad Abdul Aziz Az-Zayyat, memberikannya ijazah Qira’ah Asyrah.
2. Syaikh Amir As-Sayyid Utsman, ijazah Riwayat Hafsh. Beliau membacakannya tujuh surat panjang namun tidak sempat merampungkan Surat Al-Baqarah karena Syaikh wafat.
3. Syaikh Abdul Fattah Al-Qadhi, beliau khatam dengan riwayat Hafsh.
Selain itu beliau mendapatkan ijazah hadits dari Syaikh Hammad Al-Anshari (bertiga bersama Syaikh Ali Hasan Al-Halabi dan satu lagi saya lupa, sebagaimana diceritakan oleh Syaikh Ali sendiri).
KISAH-KISAH TENTANG BELIAU
Salah seorang member http://www.ahlalhdeeth.com bernama Abu Ahmad Al-Hummam bercerita:
“Aku pernah mendengar Syaikh Abdul Muhsin Al-Qasim (termasuk imam dan khathib Masjid Nabawi –pent.) – beliau termasuk yang belajar qira’ah dari Syaikh Al-Hudzaifi – sering memuji Syaikh Al-Hudzaifi, beliau bilang bahwa Syaikh Al-Hudzaifi adalah seorang hamba Allah yang ikhlas. Perlu diketahui bahwa Syaikh Al-Qasim sangat jarang memuji orang yang masih hidup.
Syaikh Al-Hudzaifi sangat bersemangat melaksanakan shalat di Masjid Nabawi meskipun tidak menjadi imam. Aku dengar beliau tidak mengambil sedikitpun dari gaji beliau sebagai imam dan menyedekahkan semuanya. Wallahu a’lam.”
Cerita lainnya, Abu Ahmad berkata:
“Waktu kecil Syaikh Al-Hudzaifi belajar kepada Syaikh Ibnu Jammah. Ada tanda-tanda kebaikan pada beliau hanya saja beliau waktu itu masih malas-malasan. Suatu saat ada acara yang dihadiri oleh Syaikh Khalilurrahman – qari’ terkenal – dan membaca Al-Qur'an. Ternyata Syaikh Al-Hudzaifi takjub dengan suaranya hingga dia berdoa: “Ya Allah, jadikanlah aku sepertinya”. Setelah itu beliau rajin hingga mengkhatamkan juz ‘Amma.
Setelah itu Syaikh Al-Hudzaifi bermimpi matahari berada di sisi kanannya dan bulan di sisi kirinya. Mimpi ini beliau ceritakan kepada guru beliau Ibnu Jammah. Guru beliaupun menganggap ini suatu hal yang luar biasa dan berkata kepadanya: “Pulanglah. Jika kamu mimpi seperti itu lagi datanglah kepadaku.” Ternyata Syaikh mengalami mimpi yang sama lagi. Syaikh Ibnu Jammah menafsirkannya bahwa Syaikh Al-Hudzaifi akan menjadi imam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.
Syaikh Abdul Aziz Al-Qari berkata: “Syaikh Ibnu Jammah menceritakan kepadaku kisah ini. Beberapa lama kemudian aku dikunjungi oleh Syaikh Al-Hudzaifi di rumahku. Beliau menceritakan kisah tersebut tanpa menyebut bahwa beliau mimpi.”
Al-Qari berkata pada beliau: “Bukankah Anda sebelumnya pernah mimpi?” beliau langsung bangkit dalam keadaan marah dan meninggalkan rumahku.”
Ini menunjukkan bahwa Syaikh berusaha untuk menyembunyikan keadaan beliau dan tidak suka dipuji.”
Sekian cerita Abu Ahmad.
Member lainnya bernama Khalid bin Umar berkata:
“Waktu aku menziarahi Kota Madinah bersama saudaraku Syaikh Abdurrahman Al-Faqih – hafizhahullah – pada hari Rabu 9-5-1432 H, kami dijamu oleh Syaikh Muhammad bin Abdillah Zarban – imam dan khatib Masjid Quba, hafizhahullah – pada sebuah jamuan khusus yang dihadiri oleh beberapa tamu mulia di antaranya Syaikh Ali Al-Hudzaifi hafizhahullah, sebelumnya aku meminta kepada saudaraku Yusuf bin Muhammad Zarban untuk berusaha supaya Syaikh hadir, dimana aku bisa menunjukkan kepada mereka berdua – Al-Hudzaifi dan Zarban – rancanganku untuk menulis biografi Syaikh Muhammad bin Jammah rahimahullah. Kesempatan itu menjadi majlis yang dipenuhi oleh faidah dan cerita-cerita yang menghibur. Aku memohon kepada Allah agar kesempatan tersebut sering terulang.
Akupun memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertanya kepada Syaikh Al-Hudzaifi tentang mimpi yang Anda nukil (yaitu Abu Ahmad Al-Hummam –pent.) dari DR. Al-Qari dari Syaikh Ibnu Jammah, agar aku bisa mencantumkannya pada biografinya. Akupun menceritakan kepada Syaikh Al-Hudzaifi apa yang Anda nukil di sini (dihttp://www.ahlalhdeeth.com – pent.) dari DR. Al-Qari dan Ibnu Jammah rahimahullah. Syaikh Al-Hudzaifi hafizhahullah menjawab: “Aku tidak ingat. Aku tidak ingat kalau pernah mimpi seperti itu.”
Syaikh Muhammad Zarban hafizhahullah kemudian berkata: “DR. Al-Qari hanya bertemu kurang lebih sekali dengan Ibnu Jammah.”
Kemudian Syaikh Muhammad Zarban berkata: “Aku akan sampaikan kepadamu mimpi yang shahih dengan sanad ali dari Saudara Ali sendiri.”
Dia bercerita bahwa: “Syaikh Ali suatu kali mimpi setelah ditunjuk menjadi imam di Masjid Nabawi bahwa beliau mengimami kaum muslimin dengan badan menghadap kiblat sedangkan wajah beliau menghadap ma’mum. Akupun (yaitu Ibnu Zarban) bertanya apa artinya? Al-Hudzaifi menjawab: “Seorang imam tidak menghadap ma’mum dengan wajahnya melainkan di Masjidil Haram. mungkin aku akan dipindahkan ke Makkah.”
Syaikh Muhammad Zarban berkata: “Setelah itu beliau memang dipindahkan ke Makkah dan menjadi imam di sana selama setahun sebelum dikembalikan lagi ke Madinah.”
Syaikh Al-Hudzaifi hafizhahullah berkata: “Aku tidak ingat mimpi ini.”
Syaikh Ibnu Zarban berkata: “Jika Anda lupa, sesungguhnya aku demi Allah tidak lupa. Aku mendengarnya langsung dari Anda.”
Sekian cerita dari Khalid bin Umar.
Di antara peristiwa yang menunjukkan keberanian beliau adalah ketika beliau menyampaikan Khutbah di Masjid Nabawi pada 9 Dzul Qa’dah 1432 H silam tentang Syi’ah Rafidhah, khususnya yang ada di daerah Qathif Saudi Arabia. Beliau menuntut agar kewarga negaraan mereka dicabut kemudian diasingkan ke “Goa Abu Shalih Muhammad bin Hasan Al-Akari”. Di antara ucapan beliau dalam khutbah tersebut:
“Sesungguhnya Ahli Bait Nabi shallallahu alaihi wasallam berlepas diri dari akidah Rafidhah, demikian pula para sahabat berlepas diri darinya. Maka oleh karena mereka selalu bertindak tanduk dengan mengatas namakan Abu Shalih dan mereka melakukan berbagai aksi kudeta karenanya, padahal dia adalah sosok fiktif, dia tidak pernah terlahir sama sekali, sebagaimana disebutkan dalam Kitab Al-Kafi yang menjadi sandaran mereka. Maka berikanlah mereka kesempatan untuk mengunjunginya dan silahkan mereka lihat ...”
Karena khutbah ini, beliau sempat dinon aktifkan menjadi imam dan kembali menjadi imam mulai pada shalat Subuh tanggal 9 Dzul Qa’dah 1433 H bertepatan dengan 25-09-2012 M kemarin.
Kemudian peristiwa lainnya yang menunjukkan bahwa beliau tidak memperdulikan manusia dalam masalah kebenaran, ketika beliau menjadi imam Shalat Magrib pada 24 September 2011 M, setelah takbiratul ihram beliau memutuskan shalat dan berkata kepada ma’mum: “Tunggu sebentar, tunggu sebentar.” Lalu beliau keluar mengambil wudhu’ dan kembali lagi mengimami manusia.
Syaikh Abdurrazzaq bin Abdul Muhsin Al-Badr hafizhahullah pernah menyinggung kejadian ini di majlis beliau di Masjid Nabawi dan memuji Syaikh Al-Hudzaifi atas keberanian beliau dan sikap beliau yang tidak malu dan tidak takut akan dicela oleh manusia.
Semoga Syaikh Ali Al-Hudzaifi dijaga oleh Allah, demikian pula para ulama kaum muslimin lainnya.
Sekian yang bisa saya tulis tentang Syaikh Al-Qari’ Ali bin Abdirrahman Al-Hudzaifi.
Download Ali bin Abdirrahman bin Ali bin Ahmad Al-Hudzaifi Murattal Al Qur'an 30 Juz : Disini (800mb)
- Surah 001 - Al-Fatiha (The Opening)
- Surah 002 - Al-Baqarah (The Cow)
- Surah 003 - Al-'Imran (The Family of Imran)
- Surah 004 - An-Nisa' (The Women)
- Surah 005 - Al-Ma'idah (The Table spread with Food)
- Surah 006 - Al-An'am (The Cattle)
- Surah 007 - Al-A'raf (The Heights)
- Surah 008 - Al-Anfal (The Spoils of War)
- Surah 009 - At-Taubah (The Repentance)
- Surah 010 - Yunus (Jonah)
- Surah 011 - Hud
- Surah 012 - Yusuf (Joseph)
- Surah 013 - Ar-Ra'd (The Thunder)
- Surah 014 - Ibrahim (Abraham)
- Surah 015 - Al-Hijr (The Rocky Tract)
- Surah 016 - An-Nahl (The Bees)
- Surah 017 - Al-Isra' (The Journey by Night)
- Surah 018 - Al-Kahf (The Cave)
- Surah 019 - Maryam (Mary)
- Surah 020 - Ta-Ha
- Surah 021 - Al-Anbiya' (The Prophets)
- Surah 022 - Al-Hajj (The Pilgrimage)
- Surah 023 - Al-Mu'minun (The Believers)
- Surah 024 - An-Nur (The Light)
- Surah 025 - Al-Furqan (The Criterion)
- Surah 026 - Ash-Shu'ara' (The Poets)
- Surah 027 - An-Naml (The Ants)
- Surah 028 - Al-Qasas (The Narration)
- Surah 029 - Al-'Ankabut (The Spider)
- Surah 030 - Ar-Rum (The Romans)
- Surah 031 - Luqman
- Surah 032 - As-Sajdah (The Prostration)
- Surah 033 - Al-Ahzab (The Confederates)
- Surah 034 - Saba' (Sheba)
- Surah 035 - Fatir (The Originator of Creation)
- Surah 036 - Ya-Sin
- Surah 037 - As-Saffat (Those Ranged in Ranks)
- Surah 038 - Sad
- Surah 039 - Az-Zumar (The Groups)
- Surah 040 - Ghafir (The Forgiver)
- Surah 041 - Fussilat (They are explained in detail)
- Surah 042 - Ash-Shura (The Consultation)
- Surah 043 - Az-Zukhruf (The Gold Adornments)
- Surah 044 - Ad-Dukhan (The Smoke)
- Surah 045 - Al-Jathiyah (The Kneeling)
- Surah 046 - Al-Ahqaf (The Curved Sand-hills)
- Surah 047 - Muhammad
- Surah 048 - Al-Fath (The Victory)
- Surah 049 - Al-Hujurat (The Dwellings)
- Surah 050 - Qaf
- Surah 051 - Adh-Dhariyat (The Winds that Scatter)
- Surah 052 - At-Tur (The Mount)
- Surah 053 - An-Najm (The Star)
- Surah 054 - Al-Qamar (The Moon)
- Surah 055 - Ar-Rahman (The Most Gracious)
- Surah 056 - Al-Waqi'ah (The Event)
- Surah 057 - Al-Hadid (The Iron)
- Surah 058 - Al-Mujadilah (The Woman who disputes)
- Surah 059 - Al-Hashr (The Gathering)
- Surah 060 - Al-Mumtahanah (The Woman to be examined)
- Surah 061 - As-Saff (The Row)
- Surah 062 - Al-Jumu'ah (Friday)
- Surah 063 - Al-Munafiqun (The Hypocrites)
- Surah 064 - At-Taghabun (Mutual Loss and Gain)
- Surah 065 - At-Talaq (The Divorce)
- Surah 066 - At-Tahrim (The Prohibition)
- Surah 067 - Al-Mulk (Dominion)
- Surah 068 - Al-Qalam (The Pen)
- Surah 069 - Al-Haqqah (The Inevitable)
- Surah 070 - Al-Ma'arij (The Ways of Ascent)
- Surah 071 - Nuh (Noah)
- Surah 072 - Al-Jinn (The Jinn)
- Surah 073 - Al-Muzammil (The One wrapped in Garments)
- Surah 074 - Al-Muddaththir (The One Enveloped)
- Surah 075 - Al-Qiyamah (The Resurrection)
- Surah 076 - Al-Insan (Man)
- Surah 077 - Al-Mursalat (Those sent forth)
- Surah 078 - An-Naba' (The Great News)
- Surah 079 - An-Nazi'at (Those Who Pull Out)
- Surah 080 - 'Abasa (He Frowned)
- Surah 081 - At-Takwir (Winding Round And Losing Its Light)
- Surah 082 - Al-Infitar (The Cleaving)
- Surah 083 - Al-Mutaffifin (Those Who Deal In Fraud)
- Surah 084 - Al-Inshiqaq (The Splitting Asunder)
- Surah 085 - Al-Buruj (The Big Stars)
- Surah 086 - At-Tariq (The Night Comer)
- Surah 087 - Al-A'la (The Most High)
- Surah 088 - Al-Ghashiyah (The Overwhelming)
- Surah 089 - Al-Fajr (The Break of Day)
- Surah 090 - Al-Balad (The City)
- Surah 091 - Ash-Shams (The Sun)
- Surah 092 - Al-Lail (The Night)
- Surah 093 - Ad-Duha (The Forenoon - After Sunrise)
- Surah 094 - Ash-Sharh (The Opening Forth)
- Surah 095 - At-Tin (The Fig)
- Surah 096 - Al-'Alaq (The Clot)
- Surah 097 - Al-Qadr (The Night of Decree)
- Surah 098 - Al-Baiyyinah (The Clear Evidence)
- Surah 099 - Az-Zalzalah (The Earthquake)
- Surah 100 - Al-'Adiyat (Those That Run)
- Surah 101 - Al-Qari'ah (The Striking Hour)
- Surah 102 - At-Takathur (The Piling Up - The Emulous Desire)
- Surah 103 - Al-'Asr (The Time)
- Surah 104 - Al-Humazah (The Slanderer)
- Surah 105 - Al-Fil (The Elephant)
- Surah 106 - Quraish
- Surah 107 - Al-Ma'un (The Small Kindness)
- Surah 108 - Al-Kauthar (A River In Paradise)
- Surah 109 - Al-Kafirun (The Disbelievers)
- Surah 110 - An-Nasr (The Help)
- Surah 111 - Al-Masad (The Palm Fiber)
- Surah 112 - Al-Ikhlas (The Purity)
- Surah 113 - Al-Falaq (The Daybreak)
- Surah 114 - An-Nas (Mankind)